
ﺒﺴﻡﷲﺍﻟﺮﺤﻤﻦﺍﻟﺭﺤﻴﻡ
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : V / I
Pertemuan Ke - : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Hari / Tanggal : Senin, 14 Desember 2009
Standar Kopetensi : 2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.
Kopetensi Dasar : 2.1. Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan.
Indikator
1. Menyebutkan cara tumbuhan hijau membuat makanan.
2. Menyebutkan tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan hijau.
3. Menjelaskan cara tumbuhan hijau membuat makanan.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan cara tumbuhan hijau membuat makanan.
2. Siswa dapat menyebutkan tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan hijau
3. Siswa dapat menjelaskan cara tumbuhan hijau membuat makanan.
II. Materi Ajar
1. Proses Tumbuhan Hijau membuat makanan
Pada daun terdapat sel yang mengandung kloroplas (lapisan palisade) yang didalamnya terdapat Kloroifil (zat hijau daun) yang berperan dalam proses pembuatan makanan yang berlangsung di daun yang juga memerlukan karbon dioksida, air, dan sinar matahari.
Fotosintesis memerlukan cahaya matahari, klorofil, air, dan karbon dioksida.
Reaksi fotosintesis :
Cahaya
Air + Karbon Dioksida Karbohidrat + Oksigen
(H2O) (CO2) Klorofil (C5H12O6) (O2)
Cahaya matahari merupakan sumber energy utama pada proses fotosintesis. Oksigen yang merupakan hasil fotosintesis dikeluarkan oleh tumbuhan melalui mulut daun (stomata) dan digunakan oleh manusia dan hewan pada proses pernapasan. Hasil fotosintesis lainnya yaitu glukosa yang merupakan zat makanan yang akan diedarkan keseluruh tubuh melalui pembuluh tapis. Pada tumbuhan, glukosa ini digunakan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sebagian disimpan sebagai timbunan makanan
2. Tempat menyimpan cadangan makanan
a. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di dalam umbi / akar
Contoh : Singkong, wartel, kentang, dan ubi jalar.
b. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di dalam buah
Contoh : Manggis, Apel, dan Mangga.
c. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di dalam Biji
Contoh : Jagung, kacang hijau, dan kacang tanah.
d. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di dalam Batang.
Contoh : Tebu, Sagu, dan Enau.
e. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di dalam daun.
Contoh : Bayam, Sawi, dan Kangkung.
f. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di Bunga
Contoh : Kol dan Kubis.
g. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di Tunas.
Contoh : Rebung Bambu.
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi / ceramah, Tanya jawab, penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal (±10 menit)
- Apersepsi
- Melakukan penjelasan kepada siswa tentang hasil yang diinginkan dari pertemuan ini, dalam rangka memberi motivasi.
2. Kegiatan inti (±40 menit)
- Dengan tanya jawab guru menjelaskan materi tentang cara tumbuhan hijau membuat makanan.
- Bersama siswa melalui Tanya jawab guru menjelaskan materi tentang tempat-tempat dimana tumbuhan hijau menyimpan cadangan makanan beserta contohnya.
- Guru menjelaskan semua tentang cara tumbuhan hijau membuat makanan dan menyimpan cadangan makanannya.
- Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
- Guru melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
3. Kegiatan akhir (±20 menit)
- Guru memberikan post test untuk mengetahui daya serap materi.
- Guru memberi tugas rumah.
- Pemberian motivasi agar anak tetap belajar di rumah.
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan
- Alat peraga berupa tanaman, daun, jamur, dan aneka buah-buahan.
2. Sumber Belajar
- Buku Ajar acuan pengayaan fokus IPA kelas V hal 20-23.
- Referensi yang relevan.
VI. Penilaian / Evaluasi
1. Tertulis
Tertulis adalah penilaian yang didasarkan pada kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan berbentuk isian.
Soal
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Sumber energy fotosintesis adalah …
2. Jenis tumbuhan yang diambil daunnya untuk bahan campuran minuman adalah …
3. Butir-butir hijau daun disebut …
4. Tumbuhan yang tidak mampu melakukan fotosintesis adalah …
5. Bahan industry gula adalah pohon …
6. Di dalam rantai makanan tumbuhan hijau berkedudukan sebagai …
7. Oksigen diproduksi oleh tumbuhan hijau melalui proses …
8. Tumbuhan ini menyimpan cadangan makanan di dalam batang dan merupakan bahan makanan pokok di daerah Papua adalah …
9. Air yang diserap tumbuhan hijau dari dalam tanah banyak mengandung …
10. Jenis tanaman yang diambil umbinya untuk bahan obat-obatan yaitu …
Kunci Jawaban :
1. Cahaya atau Matahari
2. Teh
3. Klorofil
4. Jamur
5. Tebu
6. Produsan
7. Fotosintesis
8. Sagu
9. Mineral
10. Kunyit atau kencur, Laos
Penskoran :
No | Uraian | Skor Maksimal | Skor yang diperoleh |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Soal Nomor 1 Soal Nomor 2 Soal Nomor 3 Soal Nomor 4 Soal Nomor 5 Soal Nomor 6 Soal Nomor 7 Soal Nomor 8 Soal Nomor 9 Soal Nomor 10 | 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 | |
Jumlah | 10 | |
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
10
|
|
Mengetahui,
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN 6 Dirgahayu Pulau Laut Utara
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : V / I
Standar Kopetensi : 2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
No | Kopetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Alat & Sumber | Evaluasi |
1 | 2.1. Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan. | Tumbuhan Hijau | 1. Menyebutkan cara tumbuhan hijau membuat makanan. 2. Menyebutkan tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan hijau. 3. Menjelaskan cara tumbuhan hijau membuat makanan. | 1. Mengadakan Tanya jawab tentang materi tumbuhan hijau dan proses pembuatan serta poenyimpanan cadangan makanan. 2. Memberikan tugas pada kegiatan pembelajaran. | 2x 35 menit | 1.Alat peraga berupa tanaman, daun, jamur, dan aneka buah-buahan. 2. Sumber Belajar - Buku Ajar acuan pengayaan fokus IPA kelas V hal 20-23. | Tertulis |
Kotabaru, 14 Desember 2009
Mengetahui,
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar